AGUSSANNA, YANI, 1405030156 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 106166 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (721kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (367kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (34MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses metode mengajar guru masih bersifat satu arah dan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa belum maksimal serta tujuan pembelajaran belum tercapai. Makin berkembangnya dunia pendidikan, guru dituntut agar lebih kreatif dan inofatif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 106166 Marindal II Tahun Ajaran 2017/1018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas V-a dan V-b, dimana masing-masing kelas dengan jumlah Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 106166 Marindal II yang berjumlah 48 Siswa. dengan instrumen 3 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (Pre Test dan Post Test). Analisis data yang dilakukan untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa hasil nilai rata-rata yang diproleh dari model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) adalah ( x = 83,65) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan model konvensional ( x = 75,00). Uji independen antara dua faktor untuk data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian bilangan asli dengan pecahan biasa diperoleh nilai x2hitung = 6,74 lebih besar dari x2tabel = 5,99 sehingga 0 H ditolak dan 1 H diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan model Students Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa di Kelas V SD Negeri 106166 Marindal II Tahun Ajaran 2017/1018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematics Learning Result, Learning Model Students Teams Achievement Division | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2020 03:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2021 02:40 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/824 |
Actions (login required)
View Item |