PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 106166 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018

AGUSSANNA, YANI, 1405030156 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 106166 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (367kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses metode mengajar guru masih bersifat satu arah dan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa belum maksimal serta tujuan pembelajaran belum tercapai. Makin berkembangnya dunia pendidikan, guru dituntut agar lebih kreatif dan inofatif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 106166 Marindal II Tahun Ajaran 2017/1018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas V-a dan V-b, dimana masing-masing kelas dengan jumlah Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 106166 Marindal II yang berjumlah 48 Siswa. dengan instrumen 3 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (Pre Test dan Post Test). Analisis data yang dilakukan untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa hasil nilai rata-rata yang diproleh dari model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) adalah ( x = 83,65) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan model konvensional ( x = 75,00). Uji independen antara dua faktor untuk data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian bilangan asli dengan pecahan biasa diperoleh nilai x2hitung = 6,74 lebih besar dari x2tabel = 5,99 sehingga 0 H ditolak dan 1 H diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan model Students Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Perkalian Bilangan Asli Dengan Pecahan Biasa di Kelas V SD Negeri 106166 Marindal II Tahun Ajaran 2017/1018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematics Learning Result, Learning Model Students Teams Achievement Division
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si, M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 03:37
Last Modified: 21 Aug 2021 02:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item