PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITOHANG, LIKE MAWARTI, 1405030026 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan adanya pengaruh signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together , penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA SD Negeri No.060934 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan jumlah keseluruhan siswa 35 orang, jumlah siswa laki-laki 8 orang dan perempuan 14 orang. Sebagai sampel adalah perbaikan pembelajaran dalam bilangan bulat yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Alat pengumpulan data adalah tes tertulis yang dibatasi pada jenjang kognitif C1. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji kesamaan dua rata-rata. DAri analisis data yng diperoleh hasil belajar siswa pre test rata-rata kelas IvA 24,36 dan rata-rata kelas IVB diperoleh rata-rata 26,14. Perolehan rata-rata Post tes hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together adalah 72,18 dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional 70,67. DAri hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan ada pengaruh signifikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Number Head Together pada mata pelajaran pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sd Negeri No.060934 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Student learning outcomes, Model Head of Number Head Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Hartono S, M.PdNIP.19570619199601001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H. Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:19
Last Modified: 15 Jul 2020 14:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item