PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 101832 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2017/2018

GINTING, DEBBY DORA BR, 1405030135 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 101832 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (824kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (48MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menghitung keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan belajar siswa menghitung keliling dan luas bangun datar. Penelitian yang dilakukan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 26 orang. Penelitian terdiri dari pre test, siklus I, siklus II (pos test). Alat pengumpulan data adalah soal tes bentuk essay sebanyak 4 soal dengan jenjang kognitif C2 dan C3. Data dari hasil penelitian dianalisis dengan statistik uji t. Analisis data hasil penelitian diperoleh hasil observasi pelaksanaan aktivitas guru siklus I (58,7%) dan siklus II (74,2%), aktivitas siswa siklus I (62) siklus II (78), ketuntasan secara klasikal siklus I (60%) dan siklus II (88%), ratarata kemampuan belajar siswa siklus I ( 67,77) dan siklus II (81,24). Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru meningkat, aktivitas siswa meningkat, ketuntasan hasil belajar tuntas secara klasikal ≥ 85, kemampuan belajar siswa meningkat, kemampuan siswa menghitung keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 101832 Pancur Batu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Learning Ability, Cooperative Learning Model of Numbered Head Together Type
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, M.PdNIDN.0121118703UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 04:51
Last Modified: 15 Jul 2020 14:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item