ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 06012 MEDAN T.A 2019/2020.

SEMBIRING, ANA MARIA BR,, 1605030221 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 06012 MEDAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (655kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (686kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis surat resmi, untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis surat resmi dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis surat resmi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 065012 Medan. Dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 065012 Medan yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan tes, angket dan wawancara. Teknik Analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan dari hasil analisis diperoleh (1) Kemampuan menulis surat resmi di kelas VI SD Negeri 065012 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 diperoleh nilai rata-rata 60.35 dengan kriteria kurang mampu. (2) Faktor kesulitan menulis surat resmi siswa tidak memahami penempatan ejaan, kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran dan kurangnya ingatan siswa dalam mengingat pembelajaran (3) Faktor yang menyebabkan siswa kesulitan menulis surat resmi di kelas VI SD Negeri 065012 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu siswa kurang membiasakan diri dalam menulis surat resmi, guru kurang menggunakan teknik pembelajaran,siswa kurang memahami langkah-langkah menulis surat resmi dan siswa kurang pemahaman mengenai surat resmi nilai rata-rata 60.71.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability to Write Official Letters, Difficulty Factors, Causes of Difficulty in Writing Formal Letters
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pd-NIDN. 0102075001
Pembimbing IIGemala Widiyarti, M.Pd-NIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:47
Last Modified: 18 Jan 2021 07:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item