MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BANGUN, VINA ANGGRENI, 1605030368 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (698kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (818kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (990kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (704kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 6 Sub tema 2 semester 2 dengan mengggunakan model pembelajaran picture and picture di kelas IV SD Negeri 040469 surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020. lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 040469 Surbakti. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040469 Surbakti yang berjumlah 26 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran picture and picture. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil pelaksanaan peneliltian pembelajaran berdasarkan tes siklus I pada aktivitas Guru berkategori cukup dengan nilai 60,5% dan aktivitas siswa berkategori cukup dengan nilai 68 ketuntasan individu 14 orang siswa yang tuntas dan 12 orang siswa yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal 54% yang tuntas dan 46% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 66. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus II dengan perbaikan, diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 79% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu 84 dari ketuntasan individu yang tuntas belajarnya yaitu 23 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 88% yang tuntas dan 12% yang tidak tuntas dan nilai rata – rata siswa 86,5. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran kriteria baik dan hasil belajar tuntas dan meningkat dengan penerapan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaraan IPA materi daur hidup makhluk hidup tema 6 subtema 2 semester 2 di kelas IV SD Negeri 040469 Surbakti Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning, the result of the learning, picture and picture model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIJulius Boy Nesra Basgimata Barus, M.Pd-NIDN. 0117038701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:41
Last Modified: 19 Jan 2021 02:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item