MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 044825 GUNDALING 1 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ALOINA. ESTER, 1605030309 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 044825 GUNDALING 1 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 7 Sub tema 1 semester 2 dengan menggunakan metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 044825 Gundaling I Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 044825 Gundaling I Berastagi yang berjumlah 30 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan metode demonstrasi alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil pelaksanaan penelitian pembelajaran berdasarkan tes siklus I pada aktivitas guru berkategori cukup dengan nilai 66,9 % dan aktifitas siswa berkategori cukup dengan nilai 66. Sedangkan ketuntasan individu 18 orang yang tuntas dan 12 orang yang tidak tuntas. Dan ketuntasan klasikal 60% dan 40% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 68,16. Hasil pembelajaran siklus II dengan perbaikan, maka diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 80,1% berkategori baik dan aktivitas siswa 70 berkategori baik, sedangkan ketuntasan klasikal 86,67%. Dan persentase peningkatan hasil belajar siswa 27,15%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes Demonstration Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIJulius Boy Nesra Basgimata Barus, M.Pd-NIDN. 0117038701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jan 2021 03:32
Last Modified: 26 Jan 2021 03:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item